Rekayasa Kebutuhan - Tugas 3

Nama : Daffa Tristan Firdaus
NRP : 05111940000006
Kelas : Rekayasa Kebutuhan B

Pada penugasan minggu ini, kami ditugaskan untuk menjelaskan Input dan Output dari proses Rekayasa Kebutuhan. Untuk tugas ini saya akan menggunakan studi kasus Sistem Informasi SIPVENIR dan berikut dokumen SKPL-nya : 



I. Input 

Existing System Information

Sistem informasi SIPVENIR merupakan perangkat lunak yang dapat diakses menggunakan web browser untuk melakukan penjualan merchandise youtuber videogamedunkey. Pengguna dapat melihat barang apa saja yang dijual dan melakukan transaksi pembelian pada website ini.

Stakeholder Needs

  1. Administrator
    - Admin dapat mengelola produk
    - Admin dapat memperbarui status pembelian

  2. Pembeli
    - Pembeli dapat melakukan pendaftaran
    - Pembeli dapat mencari produk
    - Pembeli dapat melakukan transaksi pembelian

Organizational Standards

  1. Reliability
    - Sistem dapat digunakan oleh banyak pengguna dan tidak mengalami crash
    - Sistem dapat menyimpan data dalam skala yang besar

  2. Availability
    - Sistem dapat diakses menggunakan perangkat yang memiliki web browser

  3. Security
    - Sistem akan memberikan email dan password kepada admin sehingga memberikan akses penuh kepada website

  4. Maintainability
    - Sistem akan melaksanakan maintenance secara reguler

  5. Portability
    - Sistem ini dapat diakses dimana dan kapan saja selama pengguna terhubung dengan jarigan internet

Regulations

  1. Sistem ini dikembangkan menggunakan bahasa PHP, HTML, CSS dan Javascript
  2. Database yang digunakan pada sistem ini adalah MySQL
  3. Pengguna memiliki akses terbatas dibandingkan dengan admin
  4. Sistem dapat dijalankan pada web browser seperti Chrome, Edge, Mozilla, dll. 
  5. Penambahan produk baru hanya dapat dilakukan oleh admin

Domain Information

Sistem ini dapat berjalan di berbagai perangkat baik itu mobile maupun PC selama memiliki web browser dan terhubung dengan internet.

II. Output

Agreed Requirements

  • Sistem dapat melakukan sorting menurut kategori dari produk yang ada
  • Sistem dapat menampilkan deskripsi dan review dari produk tersebut
  • Sistem dapat menampilkan stok untuk tiap barang
  • Sistem dapat menampung lebih banyak produk untuk dijual
  • Sistem dapat melakukan input data akun pengguna
  • Sistem dapat melakukan input data pelanggan sebelum melakukan checkout, baik itu alamat pengiriman, metode pembayaran, maupun metode pengiriman
  • Sistem dapat melakukan input pendataan berlangganan
  • Sistem dapat memasukkan data untuk produk lama dan baru, dari mengedit, menghapus dan menambah produk baru
  • Sistem harus memastikan bahwa akses data yang diinput terlindungi dari orang-orang yang tidak berwenang 
  • Hanya Pengguna yang dapat melihat riwayat pembelian mereka jika masuk kedalam akun website 

System Specifications

  1. Server
    OS : Windows
    Web Server : Apache Web Server
    Scripting Language : PHP, HTML, CSS dan JavaScript
    DBMS : MySQL

  2. Client
    OS : Windows, Linux, Unix, MacOS, Android, iOS
    Web Browser : Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Safari, Opera, dll.

System Models

  1. Use Case Diagram


  2. Data Flow Diagram Level 0


Comments

Popular Posts